Selama ini banyak tiket perjalanan yang terbuang sia-sia akibat kesalahan yang dilakukan saat booking tiket. Padahal kini pemesanan tiket bisa dilakukan secara online, namun tetap ada saja kesalahan-kesalahan yang bisa terjadi pada proses pemesanan dan pembelian tiket. Tentunya kesalahan seperti ini tidak diinginkan setiap calon penumpang, apalagi jika sampai menunda keberangkatan anda. untuk itulah bagi anda yang akan dan ingin booking tiket pesawat secara online, sebaiknya hindari kesalahan-kesalahan di bawah ini.

  • Salah Tulis Identitas

Kesalahan seperti ini seringkali dilakukan bagi calon penumpang saat booking tiket. Identitas diri yang anda isi ketika membeli tiket haruslah sesuai dengan yang tertera di KTP anda. penulisan data diri ini akan sangat berpengaruh saat anda akan memasuki gate bandara. Jika sampai salah atau berbeda, maka tentu saja petugas tidak akan mengizinkan anda melewati gate. Dan kesalahan seperti inilah yang paling umum terjadi. Karena itulah saat melakukan pembelian dan pengisian data, teliti kembali secara detail jangan sampai terdapat kesalahan penulisan sekecil apapun.

  • Tidak melakukan survey Harga Tiket

Karena alasan sibuk, banyak calon penumpang yang tidak melakukan survey terlebih dahulu saat ingin membeli tiket pesawat. Kebanyakan dari mereka tidak membandingkan harga antara satu maskapai dengan maskapai lainnya maupun antara online travel agen. Jika anda mau membandingkannya maka bukan tidak mungkin jika anda bisa mendapatkan harga yang murah. Jika memang bisa hemat, mengapa harus mengeluarkan biaya berlebih.

  • Menggampangkan Asuransi Perjalanan

Penambahan asuransi perjalanan saat pembelian tiket seringkali diabaikan oleh para calon penumpang. Padahal ada bebreapa hal yang bisa membantu saat mengalami kesulitan. Jika perjalanan anda lancar, anggap saja ini seakan anda menyumbang ke perusahaan asuransi. Namun jika terjadi kecelakaan, perubahan tempat, hingga delay, asuransi perjalanan ini akan sangat membantu. Bukan tidak mungkin jika anda bisa mendapatkan kompensasi dengan persyaratan tertentu jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

  • Membeli Tiket Pesawat Terlalu Cepat Ataupun Terlalu Lama

Banyak calon penumpang yang membeli tiket sedari dini untuk berjaga-jaga sehingga tidak kehabisan tiket. Dan ada pula yang baru membeli tiket saat dengan waktu yang mepet dari tanggal keberangkatan. Kedua hal seperti ini sebenarnya tidak baik untuk dilakukan. Saat pembelian tiket yang terlalu awal,  bukan tidak mungkin jika terjadi jadwal keberangkatan yang berubah dan menyebabkan anda harus me-refund tiket. Namun jika jadwal anda memang sudah fix, tidak ada salahnya membeli tiket dari awal.

Namun jangan pula membeli tiket pada saat last minute, yang ada anda malah kehabisan tiket dan tidak jadi berangkat. Untuk penerbangan domestic, akan lebih baik untuk memesain 45 hari sebelum tanggal keberangkatan. Sedangkan untuk penerbangan internasional, anda harus selalu memantau karena harga tiket bisa berubah sewaktu-waktu. Biasanya pada platform booking tiket online tersedia fitur price alert sehingga dapat memberikan notifikasi sar harga tiket sesuai dengan budget.

  • Membeli Di Tempat Yang Tidak Terpercaya

Kesalahan lainnya yang perlu anda hindari adalah membeli tiket pesawat di tempat yang tidak terpercaya. Booking tiket di agen travel online memang menjadi solusi yang tepat, apalagi jika anda tak punya banyak waktu untuk mengecek harga tiket. Namun bukan berarti jika anda asal memilih. Saat ini ada banyak pilihan agen travel online di Indonesia, namun pilihlah yang memang benar-benar terpercaya dan memberikan layanan terbaik untuk konsumennya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *