4. Mencegah penularan herpes dari Mama ke bayi

Penyakit herpes bagi sebagian besar orang merupakan salah satu penyakit yang akan menyerang kulit. Pernyataan itu memang tidaklah salah tetapi herpes ini untuk lebih jelasnya adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh adanya serangan dari virus Varicella Zoster. Virus ini akan menetap pada sel saraf yang bisa menyebabkan penyakit cacar air yang akan aktif. Seseorang bisa terkena herpes ini ketika sedang menurunnya daya tahan tubuh dan dalam kondisi stres berat. Herpes yang diderita oleh seseorang akan dapat sembuh dengan sendirinya tetapi dapat kambuh kembali dalam jangka waktu tertentu. Penyakit ini akan bisa menular jika terjadinya sentuhan kulit secara langsung dan virus ini juga akan bisa menyebar melalui udara. Oleh karena itulah jangan berinteraksi terlebih dahulu ketika adanya orang terdekat yang sedang mengalami herpes.

Herpes ini terdiri dari dua jenis dan salah satunya adalah herpes zoster. Berikut beberapa fakta menarik tentang herpes zoster diantaranya yaitu :

  1. Pengertian Herpes Zoster

Herpes zoster ini adalah herpes yang disebabkan oleh varicella zoster yang akan menyerang permukaan kulit secara menyeluruh dan yang umumnya akan terserang adalah bagian badan. Hingga saat ini penderita herpes zoster jumlahnya itu lebih banyak jika dibandingkan dengan penderita herpes simpleks.

  1. Gejala Herpes Zoster

Gejala herpes zoster ini ditandai dengan adanya bercak kemerahan pada daerah yang terkena virus dan dalam waktu 12 hingga 24 jam akan munculnya bintik bintik gelembung berisi air yang didalamnya itu mirip dengan cacar air yang tumbuh pada kulit bagian atas berwarna kemerahan dan terus menerus akan tumbuh. Gelembung berisi air ini akan berlangsung selama 1 hingga 7 hari dan akan bernanah dan mulai mengering.

  1. Pencegahan Herpes Zoster

Dengan memberikan vaksinasi maka herpes zoster dapat dicegah. Pada saat dilakukannya pemberian vaksin akan terangsangnya sistem imun didalam tubuh, sehingga nantinya tubuh akan dapat mengenali dan virus varicella zoster akan mampu dilawannya. Vaksin yang diberikan ini telah mengandung virus yang telah dijinakkan, lalu disuntikan untuk melawan virus yang jauh lebih kuat pada saat menyerang tubuh.

Vaksinasi ini biasanya akan diberikan kepada lansia dengan usia 60 tahun, pasalnya virus ini rentan akan menyerang mereka dengan usia tersebut. Seseorang yang sedang stres dan sedang menjalani kemoterapi akan mudah sekali untuk terserang herpes zoster ini dikarenakan kondisi tubuh mereka lemah dan menurunnya daya tahan tubuh. Kaum muda biasanya akan mendapat serangan herpes zoster ini, sedangkan mereka yang berusia tua akan disertai dengan terserangnya berbagai penyakit komplikasi.

Itulah beberapa fakta menarik tentang herpes zoster. Meski herpes ini tidak akan bisa disembuhkan tetapi agar tidak kambuh dengan cepat makan dapat dicegah dengan cara mengobatinya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *