Coba tebak, hari apa yang selalu diperingati tiap tanggal 8 Agustus? Peringatan 9 hari menjelang peringatan kemerdekaan? Bukan, tapi Hari Kucing Sedunia! Ckckck, saking banyaknya orang yang care dengan hewan yang satu ini, terhitung sejak 2002, International Fund for Animal Welfare (IFAW) dan beberapa kelompok hak asasi hewan lainnya  mencetuskan tanggal ini sebagai International Cat Day.

Teladan kita Rasulullah SAW juga sangat peduli dengan hewan menggemaskan ini. Beliau pernah berwudhu dari air bekas minum kucing dan tidak mengganggu tidur sang kucing yang tidur di atas pakaiannya. Begitu istimewanya kucing hingga mengundang banyak ilmuwan untuk meneliti hewan ini, lalu ditemukanlah banyak fakta unik dan mencengangkan. Jika kamu termasuk pecinta kucing dan memilikinya di rumah, intip 10 fakta unik berikut ini.

  • Memiliki Lidah dan Cara Minum yang Mengagumkan

Lidah kucing merupakan sarang papilla, duri kecil dari keratin (seperti kuku dan rambut manusia) yang terasa kasar mirip sisir. Papila ini membuatnya dapat menyapu bulu, kutu, dan kotoran lain sampai ke lambung untuk dilarutkan. Papila juga berguna untuk membantu perawatan dan merobek daging.

Hasil penelitian menemukan bahwa kucing dapat melawan gravitasi ketika minum. Lidah mereka mampu menempel di permukaan air dan dengan cepat memasukkannya ke dalam mulut tanpa menjatuhkannya, didukung rahang mereka bergerak menutup. Kecepatan cara minum kucing sulit untuk ditangkap oleh manusia secara kasat mata sehingga ketika minum, tidak ada setetes pun cairan yang jatuh dari lidahnya.

  • Memiliki Perangkat Pembersih Diri

Seorang dokter hewan di rumah sakit hewan Damaskus, Said Rafah menegaskan bahwa kucing memiliki perangkat pembersih yang bernama lysozyme sehingga kulit terluar, dinding mulut, dan lidahnya bebas kuman. Kucing juga tidak suka air karena air merupakan tempat yang sangat subur untuk pertumbuhan bakteri, terlebih pada genangan air (lumpur, genangan hujan, dll).

Kucing sangat menjaga kestabilan kehangatan tubuhnya, namun ia tidak banyak berjemur dan tidak dekat-dekat dengan air. Inilah yang menjadi faktor tidak adanya kuman pada tubuh kucing. Kucing berkeringat dari bawah bantalan kaki mereka, dengan sistem pendingin ini membantu menjaga kucing dari overheating saat cuaca panas.

  • Tulang yang Lentur

Kucing memiliki ruas tulang belakang 5 kali lebih banyak dari manusia, yakni 30. Mereka juga memiliki 230 tulang, yaitu 24 kali lebih banyak dari manusia. Kelenturan tubuh kucing sangat menakjubkan, kaki depannya dapat diputar ke segala arah sedangkan setengah bagian tubuhnya dapat bergerak ke arah yang berlawanan. Kucing mampu bergerak cepat, berjalan, melompat, dan mendaki karena mereka memiliki otot yang kuat.

Kucing tidak memiliki collarbone, sehingga memungkinkan masuk melewati celah selebar kepalanya tanpa kesulitan. Mereka juga dapat melompat ke ketinggian 5 kali tinggi badannya. Kucing kampung dapat lari dengan kecepatan 31 mil per jam. Ekor kucing dipergunakan untuk menjaga keseimbangaan, terutama ketika sedang melompat atau berlari.

  • Mata Tajam di Malam Hari

Kucing tidak dapat melihat pada kegelapan total, akan tetapi ketajaman matanya pada malam hari sangat baik. Lapisan perefleksi cahaya yang disebut tapetum pada mata kucing berfungsi untuk memperkuat cahaya yang masuk retina. Cakupan pandangan kucing 185 derajat, tapi pendengaran kucing lebih sensitif dari manusia dan anjing karena batas pendengaran kucing 65 KHz, sedangkan manusia 20 KHz.

  • Indera Penciuman yang Menakjubkan

Kucing memiliki daya penciuman yang sangat baik karena mengandung 20-80 juta sel olfactory, sedangkan manusia hanya 5-20 juta. Seperti halnya sidik jari manusia, setiap kucing memiliki nose pad yang sangat khas, sehingga tidak akan penah ada dua kucing yang memiliki sidik hidung yang sama. Kehigienisan mereka menjadi alasan mengapa kucing tidak akan menggunakan kotak sampah kotor untuk mendapatkan makanan.

  • Membantu Menghilangkan Stres

Penelitian ilmiah membuktikan bahwa mengelus-elus kucing merupakan salah satu cara menurunkan tekanan darah kita. Zaman dahulu kucing dipakai untuk terapi, karena dengkuran kucing yang 50 Hz baik buat kesehatan selain itu mengelus kucing juga bisa menurunkan tingkat stres.

Otot kucing itu juga dapat menyesuaikan dengan sentuhan otot manusia. Jadi kalau kamu stres karena ujian sekolah atau tugas kampus yang bejibun, elus-elus saja kucing di rumahmu.

  • Hewan Super Higienis

Super bersih merupakan ciri khas dari hewan ini. Mereka rajin merawat diri dengan menjilati rambut. Saliva (air liur) mereka adalah agen pembersih yang kuat. Kamu juga pasti pernah memberi pengobatan pertama pada luka dengan menjilatinya bukan? Nah, begitupula dengan air liur kucing. Sayangnya, beberapa orang memiliki alergi terhadap air liurnya tersebut. Kulit kucing mengandung otot yang berfungsi menolak telur bakteri.

Ada sekitar 9.600 helai rambut tiap cm2 kulit bagian atas dan sekitar 19.200 helai rambut tiap cm2 kulit bagian bawah kucing. Kucing sering memuntahkan hairball atau gulungan rambut yang terkumpul di dalam perutnya. Mereka juga memakan rumput untuk memperbaiki pencernaan dan membantu mengeluarkan rambut yang tertelan dan menumpuk di lambung. Sisa makanan kucing pun hukumnya suci.

  • Jam Tidur seperti Bayi

Tidur merupakan cara kita menyimpan energi. Begitupula dengan kucing, yang menyimpan energi dengan cara tidur lebih sering daripada hewan lainnya. Lama tidur kucing antara 12-16 jam per hari (rata-rata 13-14 jam). Tapi tidak jarang pula dijumpai kucing yang tidur selama 20 jam dalam satu hari. Benar-benar mirip bayi baru lahir ya?

  • Karnivora Obligat

Kucing memerlukan taurine, asam amino yang terdapat dalam makanan produk daging untuk mencegah kebutaan. Karena tidak mampu memproduksi lemak sendiri, mereka mengkonsumsi sejumlah lemak dalam makanan. Mereka awalnya karnivora obligat (pemakan daging), lalu mulai menerima makanan lainnya meski tak mampu merasakannya seperti yang dirasakan manusia.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kucing merupakan satu-satunya mamalia yang tak bisa menikmati manisnya rasa es krim karena kurangnya sensor saraf perasa di lidah. Manusia mempunyai 9.000-an sensor saraf perasa di lidah, sedangkan kucing hanya 473 buah. Nafsu makan kucing terutama dipengaruhi oleh bau bukan rasa.

  • Kucing Terkaya

Baru-baru ini kucing bernama Tardar telah berhasil memperoleh penghasilan sebesar 200 juta dolar atau setara dengan 2 triliun rupiah dengan menjadi internet celebrity dan itu hanya dalam jangka waktu satu tahun! Melebihi pendapatan Christiano Ronaldo yang berkisar 524 milyar rupiah.

Demikian informasi unik tentang kucing yang diperoleh dari berbagai sumber artikel unik. Semoga bermanfaat untuk kamu semua ya, baik yang pecinta maupun yang belum menjadi pecinta hewan menakjubkan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *