Garis batas yang memisahkan Istanbul bagian Eropa dan Asia ini serta menghubungkan laut Merah dan Laut Marmara ini menawarkan pemandangan yang sangat menakjubkan, berupa perairan yang ditepiannya berdiri bangunan artistik yang megah. Dengan pemandangannya yang menawan, Selat Bosphorus jadi lokasi yang ideal untuk bulan madu karena mampu mengahdirkan suasana yang romantis. Semua pemandangan yang indah di selat ini bisa dinikmati dengan dua cara, yaitu menaiki kapal atau menyusuri jembatan Fatih Sultan Mehmet atau jembatan Bosphorus. Selain Hagia Sophia, selat Bosphorus pun merupakan saksi biksu dari peristiwa bersejarah penaklukan Konstantinopel oleh bangsa Ottoman.

Istana Topkapi

Sebelum dialihfungsikan menjadi museum pada tanggal 3 April 1924 yang berisi benda-benda peninggalan kesultanan Utsmani, bangunan megah yang berada di tepian selat Bosphorus ini adalah tempat tinggal para Sultan sejak jaman kekaisaran Utsmaniya. Sedangkan sebelum itu, istana ini adalah reruntuhan kuno milik kekaisaran Bisantium. Istana Topkapi dibangun pada tahun 1466 dan 1478 oleh Sultan Mehmet II setelah Konstantiopel berhasil ditaklukan odan berubah menjadi Istanbul.  Nama istana ini memiliki arti ‘Gerbang Meriam’ yang merujuk pada deretan meriam sisa penaklukan Konstantinopel yang tersimpan di depan gerbang istana.

Istana Dolmabahce

Bangunan megah ini adalah warisan terakhir dari kekaisaran Ottoman yang dibangun oleh sang penguasa Ottoman ke 30, Sultan Abdul Mecid I. Setelah pembangunannya selesai pada tahun 1856, istana ini menjadi pusat pemerintahan Ottoman sampai era Utsmani berakhir di tahun 1922.  Sekitar 6 Sultan pun tercatat pernah menempati Istana ini. Sejak Turki berubah menjadi negara republik sekuler baru, Istana ini masih digunakan sebagai tempat tinggal presiden Turki pertama yang bernama Mustaffa Kemal Ataruk. Di istana ini pula, tokoh revolusi Turki sekaligus ‘Bapak Turki Modern’ ini pun wafat pada tahun 1938.

Selain memiliki sejarah yang panjang, Istana ini pun menawarkan pemandangan yang sangat menawan. Dengan arsitektur bergaya Eropa yang megah, Istana Dolmabahce ini jadi spot yang sangat ideal untuk berfoto.

Benteng Rumeli Hisari

Selain Hagia Sophia, Benteng Rumeli Hisari atau Kastil Rumelia adalah saksi bisu penaklukan Konstantinopel oleh Sultan Mehmed II atau Sultan Al Fatih. Dulu benteng ini difungsikan sebagai persiapan dalam penyerangan bersejarah ke pusat Konstantinopel. Di benteng ini, berdiri tiga menara kokoh yang diberi nama sesuai dengan pengikut setia sang sultan muda tersebut, yaitu Sadrazam Candarli Halil Pasha yang berperan dalam pembangunan menara di pintu gerbang, Zagan Pasha yang bertugas mendirikan menara bagian selatan, dan Sarica Pasha di menara utara.

Maiden Tower

Maiden Tower atau bisa juga disebut Menara Leandros adalah bangunan di tengah selat Bosphorus yang sudah berdiri jauh sebelum Turki dikuasai oleh pemerintahan Ottoman. Uniknya, menara ini hanya berdiri di sebuah pulau yang sangat kecil. Menara ini sempat mengalami beberapa kali alih fungsi, tergantung penguasa yang memegang kendali pada saat itu. Pernah menjadi menara pengintaian, mercusuar, hingga sekarang terdapat restoran di dalamnya.

Selain temapat-tempat di atas, masih ada beberapa destinasi menarik yang ada di Istanbul. Oleh karena itu, kota ini pun layak dinobatkan sebagai kawasan metropolitan terindah di Eropa bersama Praha di Ceko, Paris di Perancis, Roma di Italia, dan masih banyak lagi. Ddengan berlibur ke Istanbul, kamu akan merasakan suasana modern dan kuno sekaligus. Makanya, ayo kunjungi reservasi.com untuk tiket murah promo menuju kota bersejarah yang cantik dan eksotis ini.

Selain tiket murah promo, kamu juga bisa mendapatkan hotel terbaik di Istanbul dengan penawaran harga terbaik di reservasi.com. Jadi, kamu bisa merasakan keindahan kota modern yang penuh sejarah ini dengan harga yang lebih hemat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *