Bootloop merupakan permasalahan yang sering terjadi pada smartphone android. saat terjadi permasalah bootloop, maka kita tidak bisa masuk ke layar utama. Melainkan hanya menampilkan sebuah logo meskipun sudah kita restart atau booting berulang kali. Untuk mengatasi bootloop yang sudah parah, tentunya memilik cara yang cukup sulit dan biasanya hanya bisa dilakukan oleh seorang yang ahlinya. Namun pada kesempatan kali ini saya akan coba share mengenai cara mengatasi android bootloop secara umumnya.

Sebelum mengetahui cara mengatasi android bootloop, tentu hal penting lainnya yaitu berupa pengetahuan akan penyebabnya juga perlu anda ketahui. Dengan mengetahui penyebabnya maka bisa lebih mudah dalam menangani setiap permasalahan yang ada.

Berikut beberapa penyebab terjadinya bootloop pada smartphone android

  • Kesalahan dalam mengatur permission
  • Kurang sempurna dalam flashing custom ROM
  • Terlalu sering restore system backup
  • Menginstal MOD yang tidak kompatibel dengan ROM yang anda gunakan
  • Dan lain sebagianya

Setelah kita mengetahui penyebab-penyebabnya, maka selanjutnya kita akan mengetahui cara terbaik, mudah, sederhana dalam mengatasi permasalahan bootloop pada smartphone android.

Berikut ini beberapa cara yang bisa anda gunakan dalam mengatasi bootloop pada android.

  • Membersihkan Davik dan Cache

Bootloop bisa terjadi kapan saja dan disebabkan oleh berbagai macam hal. Nah jika bootloop pada smartphone android anda terjadi setelah anda melakukan flashing custom rom baru atau restore backup data. Maka anda bisa mencoba mengatasi android bootloop dengan cara membersihkan dalvik dan cache. Hal ini akan mengganti dalvik dan chache yang lama dengan yang baru.

  • Menghapus Data

Jika langkah peretama sudah anda terapkan namun belum mendapatkan hasil. Maka cara kedua yang bisa anda coba adalah dengan menghapus data. Tapi jangan lupa anda backup terlebih dahulu supaya data aman.

  • Cobalah Flash ROM baru

Setelah mencoba dua cara mengatasi bootloop diatas dan ternyata belum bisa mengatasi permasalahan yang terjadi, maka ada kemungkinan custom ROM pada smartphone android anda mengalami kerusakan sehingga anda perlu menggantinya dengan yang baru. Silahkan unduh dan install custom ROM yang baru.

Itu dia penyebab kenapa smartphone android bisa mengalami bootloop serta cara mengatasinya. Mungkin hanya ini yang bisa saya bagikan kepada teman-teman, walaupun penjelasannya sangat singkat, akan tetapi saya harap bisa memberikan manfaat yang luar biasa kepada anda semua.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *