Anda acap mengalami lelah setiap kali  melakukan olahraga? Lelah kala olahraga dapat menjadi hal yang serius sebab Anda jadi tidak punya semangat untuk melanjutkannya hingga tuntas. Maka, Anda tak akan memperoleh dengan maksimal manfaat dari olahraga. Lalu, bagaimanakah caranya agar tidak cepat lelah selama olahraga?

Terlalu lelah sepanjang berolahraga dapat dikarenakan oleh beberapa macam alasan, misalnya gerakan yang salah, dehidrasi, kurang makan, dan lain sebagainya. Ada baiknya Anda mencoba berbagai tips di bawah ini buat menangani rasa lelah dan menambah stamina ketika berolahraga. Inilah 5 tips agar tidak cepat lelah selama olahraga.

  1. Cukup Makan

Salah sebuah penyebab penting kelelahan selama berolahraga yaitu minimnya nutrisi yang dikonsumsi. Sebelum berolahraga amat disarankan untuk cukup asupan makanan yang berisi lemak dan karbohidrat. Lemak bermanfaat menyediakan energi berkesinambungan, sedangkan karbohidrat memiliki fungsi untuk mensuplai energi dengan cara instan. Keduanya amat berarti untuk membantu kegiatan fisik yang Anda jalani.

  1. Cukup Minum Air

Meskipun Anda telah makan banyak sebelum melakukan olahraga, kelelahan tetap dapat dialami bila Anda menderita kekurangan cairan di dalam tubuh (dehidrasi). Air berfungsi dalam mengantarkan nutrisi ke otot sepanjang dan sesudah olahraga. Maka dari itu, upayakan untuk memenuhi kebutuhan terhadap air ketika melakukan olahraga, khususnya air kelapa sebab berisi elektrolit yang berguna untuk tubuh.

  1. Cukup Tidur

Tubuh Anda memerlukan waktu untuk memulihkan dan memperbaiki dirinya sendiri. Tidur yang cukup, kira-kira 8 jam semalam, baik sekali untuk proses pemulihan tubuh setelah melakukan olahraga. Jauhi begadang dan secepatnya tidur untuk menghindari kelelahan sesudah olahraga.

  1. Teknik Pernapasan yang Jitu

Tidak sedikit pemula yang tak menyadari perlunya mengontrol napas mereka. Padahal, berdasarkan pakar kesehatan, mengetahui metode pernapasan sepanjang olahraga amatlah penting. Bernapas tak cuma menyalurkan oksigen ke semua tubuh, namun pula mensuplai energi sehingga perlu sekali untuk memahami cara pernapasan yang jitu supaya tidak terlalu lelah sepanjang berolahraga.

  1. Jangan Terlalu Lama

Melakukan olahraga terlampau lama, kira-kira 90 menit, amat berisiko untuk tubuh. Untuk memaksimalkan hormon anabolik didalam tubuh Anda sebaiknya batasi lamanya berolahraga sebanyak-banyaknya 1 jam. Kecuali itu, pastikan Anda memenuhi kebutuhan kalori sebagai cairan dan bahan bakar supaya luput dari kekurangan cairan tubuh (dehidrasi).
Demikian, itulah tadi 5 tips agar tidak cepat lelah selama olahraga. Disamping menghindari kelelahan, langkah-langkah di atas juga berguna untuk menambah stamina.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *